Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Senin, 17 Oktober 2011

Bukan Seminar Biasa....(bagian 2)


Melanjutkan cerita tentang seminar sebelumnya yang diadakan oleh STIE-MCE dengan Bank Danamon dengan tema “Persiapaan dini untuk menjadi pekerja” akan saya mulai dari materi seminar yang lebih mengajarkan kita tentang sifat-sifat atau perilaku yang akan membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia kerja. Apabila kita menerapkannya secara simultan atau berkelanjutan, InsyaAllah akan membawa kebahagiaan bagi diri kita maupun orang lain.


Dalam seminar yang telah saya ikuti, Bank Danamon mengajarkan kita 5 langkah mudah untuk sukses dalam dunia kerja maupun bermasyarakat. 5 langkah tersebut adalah :

  1. Bagaimana untuk selalu berpikir positif
  2. Sanggup berkomunikasi dengan baik
  3. Meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi
  4. Mampu melaksanakan / melayani berbagai sikap manusia
  5. Sanggup menjalin hubungan yang semakin erat dengan sesama

dari 5 langkah diatas asalkan kita tekun dan serius menjalani atau menerapkannya dalam kehidupan kita, maka bisa dipastikan kita tidak akan sulit untuk menjalankan suatu tugas yang dibebankan kepada kita. Akan tetapi namanya juga manusia pasti memiliki kelemahan dan kesalahan. Pasti tidak mudah bagi kebanyakan orang dapat mengingat dan mengerti dengan hanya mendengar semua tips-tips diatas tanpa memahaminya terlebih dahulu. Ada 3 key message (isyarat kunci) dasar cara seseorang menangkap suatu pesan dari orang lain, yaitu mendengar,melihat,melakukan. Tiga hal tersebut harus dilakukan secara bersamaan. Jika tidak maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam menyerap suatu ilmu dari orang lain. Sebagai contoh, jika kita hanya mendengar suatu ilmu dari dosen kita tanpa melihat dan melakukannya, maka yang akan terjadi adalah kemungkinan untuk lupa akan sangat besar prosentasenya. Begitu pula jika kita telah mendengar dan melihat saja, kita belum bisa mengerti maksud dari pesan atau informasi tersebut. Cara yang baik adalah kita mampu mendengar,melihat dan melakukan suatu pesan atau informasi dari orang lain agar tidak terjadi misscomunication.

Jika ada yang bertanya, apa sih keuntungan kita mempelajari 5 langkah seperti diatas ? Maka jawaban yang paling praktis adalah kita akan terhindar dari pikiran-pikiran negatif, dapat menciptakan sebuah kebahagiaan baik untuk diri sendiri maupun orang lain dan yang terakhir adalah kita akan menjadi orang yang sangat produktif dalam melakukan segala hal. Disamping itu kesadaran diri untuk melakukan segala hal juga penting. Bapak Andre mencoba menjelaskan pengertian dasar dari kesadaran diri sbb :

  1. Keseimbangan antara roh, jiwa & raga
  2. Penghayatan sikap melayani
  3. Perlunya penghargaan secara positif
  4. Perlunya teguran secara positif
  5. Perasaan yang saling membutuhkan

keseimbangan antara roh , jiwa dan raga itu mutlak perlunya untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia. Ada seseorang yang sempurna raga dan jiwanya tapi tidak sempurna rohnya akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam menjalani kehidupan di dunia. Penghayatan terhadapan pelayanan yang kita berikan kepada orang lain sangat menentukan kesadaran diri kita terhadap orang lain. Kita memberikan penghargaan positif kepada orang lain secara tidak langsung akan mampu meningkatkan kesadaran diri. Memiliki perasaan yang membutuhkan antara kita dengan orang lain juga merupakan elemen penting untuk meningkatkan kesadaran kita kepada orang lain.
Bersambung ke artikel ini.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...