Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Sabtu, 21 April 2012

Cara Baru Berbisnis Online


Pada tanggal 17 April 2012, saya dan teman saya, yaitu Dewi Sartika telah terpilih untuk maju mempresentasikan tugas paper kelompok kami yang berjudul, Cara Baru Berbisnis Online.
Nah disaat mempresentasikan makalah kami tersebut, ada hal yang menarik dan lucu untuk saya ceritakan. Tapi sebelum itu, akan saya ceritakan sekilas tentang makalah yang saya dan Tika telah kerjakan.


Sebelum kami maju, saya dan Tika berunding, siapa yang akan membawakan materi pembukanya. Akhirnya diputuskan, bahwa yang membawakan materi pembuka adalah Tika dan saya membahas materi pertengahan sampai akhir. Materi awal yang dibawakan oleh Tika yaitu mengenai gambaran secara garis besar , apa itu bisnis online dan manfaatnya, kemudian macam-macam kelebihan bisnis online, seperti dibawah ini :

  1. Operasi 24/7 : yang membahas tentang keuntungan jika kita berbisnis 24 jam nonstop dalam 7 hari dalam seminggu.

  2. Mencoba menggunakan alat-alat baru dalam berbisnis online : menjelaskan alat-alat baru yang dapat meningkatkan keunggulan produk kita serta keuntungan bagi bisnis kita. Contoh :
    a. Memberikan sampel gratis kepada para calon pelanggan kita
    b. Memberiakn diskon kepada pelanggan kita
    c. Memberikan pelanggan kesempatan untuk berbicara kembali (maksudnya adalah, menuruti kemauan dari pelanggan terhadap produk yang diinginkan).
3. Mengambil keuntungan dari Micropayment : penjelasan yang lebih jelasnya adalah, mengambil keuntungan dari sistem pembayaran kartu kredit online. Contohnya adalah Paypal.com yang sudah tak asing ditelinga kita. Dan ada juga website penyedia sistem pembayaran kartu kredit asli buatan Indonesia, yaitu IPaymu.com.

4. Melelang Layanan Professional kita : mendengar kata-katanya saja, mungkin para pembaca masih bingung apa arti dan maksudnya. Baik akan saya jelaskan. Elance.com adalah salah satu contoh dari website penyedia layanan lelang layanan profesi. Di dalam website tersebut, kita dapat memajang tentang cv kita secara lengkap kepada para perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga untuk dapat memilih dan menyeleksi calon karyawannya.
Dari penjelasan terakhir diatas adalah pemaparan yang telah dijelaskan oleh saudari Tika. Tiba saatnya untuk saya menyambung materi yang belum selesai. Materi yang saya bahas adalah mencoba produk dan layanan yang dapat dijual selain produk utama kita , seperti :

  1. Menyediakan file musik dan karya kreatif lainnya : seperti menaruh link musik terbaru di website kita untuk menarik pelanggan. Dari link tersebut, jika diklik akan masuk ke portal penjualan musik online , seperti Apple iTunes.
  2. Membuka penjualan bahan makanan dan layanan rumah tangga lainnya : contohnya seperti menjual bahan makanan ekspor atau bahan makanan yang sulit untuk ditemukan dipasar.
  3. Mencoba bisnis online lainnya, seperti M Commerce. M Commerce adalah bisnis online yang berbasiskan pada Mobile atau telepon seluler. Banyak sekali orang-orang yang menggeluti dunia ini. Contohnya adalah : penjualan nada dering telepon, foto atau wallpaper, games, dan aplikasi.

    Kedua adalah membuat sebuah blog yang berfungsi sebagai jembatan antara kita dengan calon pelanggan kita. Dengan membuat sebuah blog, produk yang kita jual akan semakin dikenal oleh calon pelanggan kita. Akan tetapi sebelum kita mengenalkan produk kita di blog, alangkah baiknya jika sebelum membuat sebuah blog, ada beberapa poin yang menentukan apakah blog kita akan banyak dikunjungi atau tidak. Yaitu menentukan sebuah nama yang sesuai, produk apa yang ingin kita jual, serta beberapa ide untuk blog pertama kita (blog yang aneh dan unik akan banyak dikunjungi). Dan terakhir adalah membangun sebuah komunitas antara kita dengan para pelanggan,supplier, distributor serta stakeholder lainnya. Serta perlunya riset pasar untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat mengenal produk kita dan penelitian terhadap pesaing kita juga perlu.

Setelah saya dan Tika selesai memberikan presentasi, tibalah waktunya bagi kami untuk membuka
sesi tanya jawab. Hanya ada dua orang yang bertanya, yaitu Rizka dan Daniel. akan tetapi yang menyangga dan memiliki pendapat lain tentang penjelasan kami lebih banyak. Mulai dari Bakhtiyar,Yogi,Kaleb yang terus menyangkal pendapat kami, khususnya Tika. Mengapa ? Karena dialah yang menjawab pertanyaan dari Rizka yang terus mendapat penyangkalan. Dan dari tanggapan Rizka, banyak bermunculan tanggapan atau sangkalan lainnya. Wah...ini bukan seperti diskusi lagi, melainkan debat umum...haahha...tapi saya salut kepada teman saya, Tika , karena telah memberi penjelasan kepada semua tanggapan atau sangkalan. Dan akhirnya , Pak Edi selaku dosen kami , menghentikan perdebatan tanpa akhir ini dengan meluruskan jawaban dari kelompok kami. Dari sini saya mendapat banyak pelajaran dan ilmu yang berharga. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...