Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Jumat, 10 Desember 2010

SIX THINKING HATS…APAAN TUH ?


Six thinking hats…..apaan tuh ?...sesuai dengan judulnya , mungkin sebagian besar orang awam tidak mengerti maksud dari judul tulisan tersebut. Yang ada dipikiran mereka mungkin hanya mengartikannya sebagai “enam topi berpikir“ tanpa tahu apa arti sebenarnya dari kata-kata tersebut. Tetapi menurut Edward de Bono , Six Thinking Hats mempunyai arti yang bermakna. Oke sebelum masuk apa itu Six Thinking Hats , saya akan mencoba masuk kedalam pikiran anda ! (hahahhaahah….ada-ada aja ^^).

            “Setiap orang merasa frustasi dengan yang tidak efisien, rapat yang membuang-buang waktu yang terganggu oleh argumen yang dapat memecah belah, kurangnya persiapan, percakapan sepihak, dan kelambanan.”  Itu adalah salah satu kutipan dari buku Edward de Bono yang membahas tentang Six Thinking Hats. Maksudnya begini , kita hidup sebagai manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya “Masalah”…Setuju !.. entah masalah dengan ortu , teman , pacar , sekolah , dosen killer , dsb. Mungkin itu hanya sebagian kecil gambaran permasalahan yang sering menerpa kita setiap harinya. Dan tidak mungkin masalah tidak dapat diselesaikan.karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya atau solusinya.

            Sekarang…Bayangkan ! jika anda adalah seorang manager atau pemimpin dalam sebuah perusahaan besar maupun kecil…..

            Bayangkan ! apa yang mungkin terjadi jika Anda, tim Anda, departemen,
atau seluruh organisasi belajar berpikir dengan alat khusus yang langsung akan menghilangkan masalah ini, membuka pintu ke keputusan yang menyeluruh, komunikasi yang lebih baik, dan penyelesaian masalah yang lebih mudah…

            Mungkin anda akan berpikir , alat apakah yang dimaksud ? alat yang saya maksud disini adalah Six Thinking Hats . yaitu alat yang memandu kita berpikir dalam satu arah pada suatu waktu sehingga kita dapat secara efektif menganalisa masalah, menghasilkan ide-ide baru, dan membuat keputusan yang lebih baik. Jadi alat tersebut sangat cocok digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang kita hadapi.

            Apakah fungsi alat tersebut ? alat tersebut berfungsi untuk meletakkan ego dan pendapat kita pada porsi yang cukup sehingga kita dapat fokus dalam berpikir ke depan tanpa ada pendapat yang mampu mempengaruhi fokus berpikir kita terhadap masalah tersebut. Selain itu banyak sekali orang yang membutuhkannya dalam setiap kegiatan seperti , HR Professional , Manager Proyek , Fasilisator rapat , seorang Pemimpin dan anggotanya , Trainer & Konsultan , Sales & Marketing Professional , Pengacara dsb.

            Lalu Bagaimana mungkin kita dapat menggunakannya dengan maksimal ? jawabannya sangat mungkin sekali kita dapat menggunakannya dan menerapkannya dalam berbagai hal pengambilan keputusan yang etis , pengembangan kepemimpinan , presentasi , proses perbaikan yang berkelanjutan , persiapan diskusi , serta berpikir secara individu. Dengan adanya alat tersebut memungkinkan kita untuk memecahkan masalah , mengidentifikasi dan mengejar peluang , serta memungkinkan kita untuk berpikir kooperatif.

            Oke mungkin sampai penjelasan dan manfaat dari Six Thinking Hats. Mungkin para pembaca setia blog saya sudah bosan dengan teory-teory yang saya jelaskan (jika saya menjadi pembaca pun saya akan bosan..hhehhe..^^ ).lalu apa fungsi sebenarnya dari enam topi tersebut ? akan saya jelaskan dari gambar dibawah ini….

            Tujuan saya menjelaskan Six Thinking Hats adalah karena saya mendapatkan tugas dari dosen Mega Creativity yaitu Mr Eddy. Tugas yang mewajibkan kita untuk menjelaskan salah satu Creating Mind yang telah dijelaskan oleh Mr Eddy sebelumnya. Nah kebetulan tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok beranggotakan 4 orang.setelah mencari-cari ide apa yang dapat di presentasikan di depan kelas , akhirnya kami menemukan salah satu ide yang kelihatannya menarik untuk di presentasikan di depan kelas. Idenya yaitu menjelaskan enam topi berpikir. Sebelum presentasi , jauh hari kami sudah sepakat untuk membuat enam topi sebagai perlambang dari enam cara berpikir manusia.

            Hari yang dinanti akhirnya tiba juga. Kami menjadi kelompok pertama yang presentasi di depan kelas. Sebelum presentasi kami masih merasa belum siap untuk maju presentasi karena belum ada persiapan yang matang. Tapi mau tidak mau saya dan teman-teman tetap maju presentasi.saya sendiri membuka presentasi dengan perasaan yang gugup atau nervous. Namun dengan berjalannya presentasi kami merasa enjoy dan tenang dalam berpresentasi. Malah sempat bercanda di depan. Yang paling saya herankan adalah  ketika kami meminta seluruh audiens dan Mr Eddy untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah yang telah kami berikan. Luar Biasa Hebat ! karena salah satu anggota kelompok kami sempat berdebat dengan salah seorang audiens. Sampai dibantu dua orang untuk menjelaskan pokok permasalahan sebenarnya.heheheh..pokoknya seru habis……..presentasi kelompok kami……thanks to temen-temen yang sudah berpartisipasi dan thanks to Mr Eddy yang telah menilai kami dengan nilai yang memuaskan….^^

4 komentar:

  1. mas tika nyontoh dikit yach... hahahahaha
    kasihani adhe mu iki mas... :(

    BalasHapus
  2. gk papa....yang penting jangan terlalu sama...poin2nya aza....

    BalasHapus
  3. dimana saya bisa dapet buku ini?? kebetulan, saya juga lagi cari, tapi belum dapet sampai sekarang. ditunggu infonya ke 085222317075/ supriyadi_amir@yahoo.com

    BalasHapus
  4. untuk keterangan lebih lanjut klik link berikut,,,thx..

    http://www.debonoconsulting.com/six_thinking_hats.asp

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...