Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Jumat, 31 Desember 2010

Kebohongan tanpa batas


Di dalam menjalani kehidupan , kita selalu disajikan dengan yang namanya “permasalahan” setiap harinya. Entah itu seorang dokter , seorang tentara , seorang supir , ataupun seorang presiden sekalipun pasti mengalami permasalahan , baik masalah pribadi maupun masalah kantor. masalah yang datang silih berganti terkadang membuat kita merasa cepat putus asa , bimbang , takut , atau bahkan muncul dalam pikiran kita untuk pergi meninggalkan masalah tersebut sejauh mungkin. Tetapi itu mustahil. Kenapa bisa mustahil ? karena manusia tidak akan pernah bisa lari dari masalah yang menghinggapinya. Salah satu jalan untuk menghadapinya yaitu dengan mencari pokok utama dari permasalahan tersebut. Bisa jadi sumber utama dari masalah tersebut adalah diri kita sendiri. Janganlah selalu mengkambinghitamkan orang lain dengan masalah yang sedang menerpa kita. Karena jika hal tersebut dilakukan akan berakibat fatal , bisa menjadi fitnah dan ujung-ujungnya timbul masalah yang lebih besar dari sebelumnya. Dan yang pasti akan semakin sulit untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Manusia selalu mencari cara cepat untuk menyelesaikan masalah yang sedang menerpa mereka. Banyak cara telah manusia tempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya adalah berbohong. Berbohong sendiri merupakan sifat jahat yang diciptakan oleh manusia untuk melindungi diri mereka dari sangkut paut masalah yang sedang mereka hadapi demi menjaga citra diri manusia tersebut di depan manusia lain. Maksudnya begini , manusia itu cenderung menyembunyikan jati diri mereka di hadapan orang lain. Bisa jadi faktor yang menyebabkan mereka berbohong adalah untuk menutupi aib mereka masing-masing. Hanya manusia tersebut dan Tuhanlah yang tahu. Meskipun secara hati nurani mereka menolak munculnya sifat tersebut , toh hawa nafsu mereka yang malah mengontrol alam bawah sadar mereka untuk memunculkan dan menerapkan sifat tersebut.

Dari kebiasaan ini , manusia akan selalu mengeluarkan sifat berbohong tersebut setiap menghadapi masalah yang menerpa mereka. Lama kelamaan kebiasaan tersebut menjadi suatu perilaku yang wajib dilakukan setiap hari. Tanpa terbatas oleh waktu , tempat , kapan dan dimana manusia tersebut melakukan kebiasaanya tersebut. Dan ini sangat sulit untuk di dicegah ato dibasmi. Hanya orang-orang yang dapat memahami mereka yang bisa sedikit merubah kebiasaan mereka

Lalu masalahnya sekarang , bagaimana cara untuk mencegah yang namanya berbohong ? cara yang paling ampuh untuk mencegah berbohong adalah dengan berpikiran terbuka. Maksudnya , jika kita sedang tertimpa suatu masalah alangkah baiknya jika kita mengeluarkan uneg-uneg di dalam diri kita kepada orang lain. Istilah populernya curhat. Bisa curhat ke teman yang dipercaya ataupun ortu. Tetapi saya lebih menyarankan ke ortu. Karena ortu lebih memahami masalah yang kita hadapi. Dan yang paling penting usahakan bertindak menyelesaikan masalah dengan kejujuran , apa adanya , tidak ada yang ditutupi alias transparan. Dengan jujur dan terbuka kepada orang lain setidaknya hidup kita akan terasa menyenangkan , ringan dan lepas , tanpa harus ada tekanan dan ketakutan setiap menghadapi orang lain karena kita berbohong. Mungkin ini hanya tulisan-tulisan kecil yang ada dalam pikiran saya dan saya tuangkan dalam bentuk artikel di blog. Jika ada salah kata atau penulisan kata dalam artikel ini harap di maklumi karena saya masih pemula. Semoga artikel saya bisa sedikit membantu dan mencerahkan hati sanubari saudara-saudara yang sedang mengalami masalah saat ini. Sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...