Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Kamis, 02 Desember 2010

Kemenangan Indonesia 5-1 atas Malaysia dalam Piala AFF 2010



Siapa yang menyangka Indonesia berhasil menghajar habis-habisan Malaysia dengan skor ckup mencengangkan 5-1 pada Rabu malam ,1 Desember 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno(SUGBK). salah satunya yang mencetak gol-gol tersebut adalah Christian Gonzales dan Irfan Bachdim menyumbang satu gol ke gawang Malaysia. Padahal sebelumnya Indonesia sempat tertinggal 1-0 pada awal babak pertama yang dicetak oleh pemain Malaysia Norshahrul Idlan Bin Talaha .namun dengan cepat Indonesia kembali menyerang balik Malaysia sehingga skor berubah menjadi 1-1 melalui gol bunuh diri salah satu pemain Malaysia yang justru memasukkan bola ke gawangnya sendiri setelah melihat pergerakan Irfan Bachdim. Dengan adanya gol bunuh diri ini semangat Christian”El Loco” Gonzales dan kawan-kawan meningkat.terbukti dengan masuknya gol cantik kegawang Malaysia oleh Gonzales.dan membuat skor sementara menjadi 2-1.

Indonesia kembali mencetak gol ketiganya ke gawang Malaysia pada menit ke 55 lewat tendangan dari Muhammad Ridwan.dari golnya tersebut skor berubah menjadi 3-1 untuk timnas Indonesia.

Gonzales “El Loco begitu senang dan bahagia karena telah mencetak gol pertamanya dalam debutnya di timnas Indonesia dalam ajang bergengsi Piala AFF. Perlu diketahui bahwa Gonzales baru mendapatkan paspor Indonesia lewat jalur naturalisasi pada bulan November 2010 ini. Pada menit ke 77 Arif Suyono masuk menggantikan Muhammad Ridwan kembali menjebol gawang Malaysia. Arif Suyono berhasil memanfaatkan blunder salah satu pemain Malaysia yang gagal mengontrol bola hasil umpan Oktavianus Maniani. Indonesia kemali unggul atas Malaysia dengan skor 4-1. pesta kemenangan ditutup dengan oleh gol dari Irfan Bachdim dimasa injury time .Skor 5-1 untuk kemenangan Indonesia ini tak berubah hingga pertandingan usai.

Kemenangan Indonesia atas Malaysia tak lepas dari tangan dingin sang pelatih , yaitu Alfred Riedl . Riedl untuk kali pertamanya membawa Indonesia di ajang resmi Piala AFF 2010. Riedl tak mau mengomentari kelebihan dan kekurangan timnas Indonesia , karena dia menganggap itu merupakan menjadi milik tim . Riedl juga tak mau memuji duet Christian”El Loco”Gonzales dan Irfan Bachdim dalam mengatur skema permainan timnas Indonesia. Selain itu pemain kawakan seperti Bambang Pamungkas (BP) belum menunjukkan performa yang belum maksimal. Terbukti BP hanya diturunkan di menit-menit akhir untuk menggantikan El Loco. Akibatnya pamor BP dalam pertandingan semalam kalah oleh pamor El Loco dan Irfan Bachdim. Apalagi Irfan Bachdim sempat menjadi trending topic di jejaring social Twitter.

Penampilan Indonesia pada awal babak pertama sempat mendapat sorotan dan kritik karena kebobolan terlebih dahulu . tetapi semua keraguan akan timnas Indonesia itu sirna begitu Indonesia berhasil mencetak gol-golnya ke gawang Malaysia. Dengan kemenangan ini Indonesia berhasil memimpin Grup A dengan raihan poin sempurna 3 , setelah di pertandingan lainnya Thailand mampu ditahan imbang Laos 2-2. dengan hasil tersebut Malaysia harus rela menjadi “juru kunci” Grup A.

menurut saya itu merupakan awal yang sukses untuk meneruskan perjalanan menentukan langkah berikutnya dalam menghadapi lawan-lawan yang tidak bisa dianggap remeh seperti Thailand dll. Tetapi yang menjadi perhatian saya untuk timnas adalah faktor lini belakang yang saya nilai masih kurang kokoh . terbukti dari begitu mudahnya pemain-pemain lawan mencetak gol melalui lini belakang Indonesia yang kurang kokoh . mungkin ini hanya saran saya untuk timnas supaya lebih baik lagi dalam stategi dan taktik permainannya agar tidak kebobolan lagi seperti yang terjadi semalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...