Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Jumat, 03 Juni 2011

E-Learning, inovasi dalam dunia pendidikan

Seperti pertemuan sebelumnya, saya mengikuti kembali sebuah forum diskusi di kelas IT for Business. Pertemuan kali ini membahas tentang E-Learning. Ada beberapa teman yang sudah siap untuk mempresentasikan Paper (makalah) mereka masing-masing. Teman saya Cindy memulai sesi presentasi dengan sedikit gugup. Cindy mulai menjelaskan isi dari presentasinya. Mulai dari pengertian dari E-Learning sampai proses perencanaan program E-Learning.


Dari materi presentasi yang dijelaskan ada beberapa materi yang cukup menarik untuk dikaji lebih dalam. Seperti penggolongan jenis E-Learning yang di bagi menjadi 2, yaitu Asynchronous Learning dan Sychronous Learning. Yang pertama saya akan menjelaskan pengertian Asynchronous Learning.

Asynchronous Learning adalah metode belajar mengajar secara tidak langsung. Maksudnya guru/dosen/tutor tidak berinteraksi langsung dengan muridnya melalui tatap muka, melainkan melalui media pembelajaran seperti :

  1. CD Interaktif/CD pembelajaran,
  2. Pelatihan Virtual Self Paced,
  3. Pelatihan Komputer berbasis CBTs,
  4. Wiki,
  5. Situs Blog, dll

Asynchronous Learning memiliki kelebihan, yaitu mahasiswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja, mahasiswa dapat belajar secara mandiri, dan dapat belajar secara bebas, tidak terikat disiplin waktu. Jenis E-learning yang kedua ialah Synchronous Learning.

Synchronous Learning adalah metode belajar mengajar secara langsung. Maksudnya guru/dosen/tutor berinteraksi langsung dengan muridnya pada waktu yang bersamaan melalui media berbasis web aplikasi, yaitu suara dan data, seperti chatting melalui Yahoo! Messenger, MiRC, Google Talk, dll. Synchronous Learning memiliki beberapa keunggulan, seperti mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, memiliki disiplin waktu, dan proses belajar yang terarah (linier).
Dari penjelasan jenis-jenis E-Learning di atas kita dapat menentukan kelebihannya, seperti kita dapat :

  1. Melakukan interaksi dengan dosen kita kapan saja dan dimana saja,
  2. Dapat mencari informasi tambahan,
  3. Dapat dijadikan forum diskusi antara dosen dengan mahasiswa,
  4. Mengubah peran mahasiswa,
  5. Sangat efisien dan nyaman.
Di samping memiliki kelebihan, E-Learning juga memiliki kekurangan, seperti :
  1. Kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa,
  2. Kurangnya motivasi belajar dari dosen kepada mahasiswa,
  3. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet.
Setelah kita mengetahui jenis-jenis E-Learning, selanjutnya saya akan menjelaskan proses perencanaan pembangunan E-Learning seperti yang telah disampaikan oleh teman saya Cindy sebagai berikut :

  1. melakukan riset (penelitian),
  2. melakukan perencanaan yang matang,
  3. mempelajari sistem di dalam organisasi,
  4. mengelompokkan user dan trainee dalam sebuah organisasi,
  5. merancang timeline dari keseluruhan,
  6. mengkonfirmasikan timeline dengan pihak manajemen tentang resource (biaya dan tenaga kerja manusia) yang dibutuhkan dalam proyek pembangunan E-Learning.

Dari penjelasan di atas saya dapat simpulkan, bahwa E-Learning merupakan inovasi dalam di dunia pendidikan. Mengapa saya katakan begitu, karena E-Learning dapat menghemat waktu dan pengeluaran, kita dapat menerapkan IT di dalam proses belajar mengajar dll. Selain penerapannya, dibutuhkan juga kemampuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem E-Learning yang sanggup menyesuaikan dengan kebutuhan dalam dunia pendidikan.

Mungkin kelak di masa mendatang saya berharap Indonesia bisa menerapkan E-Learning secara menyeluruh, tidak setengah-setengah. Dan alhamdulillah kampus tempat saya menuntut ilmu, STIE-MCE sudah menerapkan konsep E-Learning, meskipun saya rasa belum menyeluruh. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan kepada pembaca. Terakhir untuk presentasi teman saya, Cindy saya berterima kasih. karena telah menambah pengetahuan saya tentang E-Learning dan bagaimana penerapannya. Wish u all the best.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...