Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Jumat, 17 Juni 2011

Open Acquisition : aplikasi pengelola biaya (cost manager)

Dua teman sekelas saya sudah maju untuk mempresentasikan tugas paper mereka. Kini giliran saya untuk mempresentasikan tugas paper yang telah saya buat sebelumnya walaupun bukan giliran saya untuk maju. Pembukaan presentasi saya mulai dengan ucapan salam dan kemudian saya lanjutkan dengan menjelaskan materi dalam slide-slide yang saya buat menggunakan Open Office Impress. Dengan tampilan layout dan background yang cukup menarik saya rasa akan cukup memudahkan audiens untuk memahami materi yang akan saya jelaskan. Presentasi pun dimulai.


Paper yang saya presentasikan adalah tentang penggabungan aplikasi open source yang telah dikembangkan dengan sebuah sistem akuisisi yang disebut Open Acquisition. Sebelum saya menjelaskan apa itu Open Acquisition, saya jelaskan terlebih dahulu pengertian open source dan sistem akuisisi. Open source adalah sebuah software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Maksudnya adalah open source adalah aplikasi gratisan yang dapat dengan mudah kita unduh dari internet dan kita dapat memperbaiki atau memodifikasi open source tersebut untuk mendapatkan open source yang sesuai dengan kebutuhan kita. Yang kedua yaitu sistem akusisi. Sistem akuisisi adalah merupakan pendekatan yang dikembangkan untuk menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam mengurangi biaya dan waktu siklus untuk memperoleh aplikasi sistem yang intensif, dimana akan meningkatkan kualitasnya. Maksudnya adalah sebuah metode yang telah dikembangkan oleh pemerintah untuk mengurangi biaya-biaya dan dapat meningkatkan kualitas dari sebuah sistem keuangan negara. Dari penggabungan open source dengan sistem akusisi akan melahirkan Open Acqusition. Open Acquisition adalah sebuah konsep baru yang menggabungkan praktik terbaik dari teknik lanjutan E-Goverment dengan software yang berasal dari pengembangan software open source. Intinya adalah penggabungan metode dengan sebuah aplikasi open source menjadi Open Aqcusition.

Setelah menjelaskan tentang pengertian dari Open Acquisition, materi saya jelaskan adalah mengenai langkah-langkah dalam mengembangkan Open Acqusition. Ada 5 langkah dalam mengembangkan sebuah Open Acqusition :

1. Membuka akses ke operasi open source
2. Mengoperasikan fungsi dasar dari open source
3. Mengakses fungsi sistem internal yang kompleks
4. Melakukan Pemrogaman
5. Meningkatkan fungsionalitas sistem

poin yang harus kita catat adalah bahwa Open Acqusition itu harus bisa membuka akses ke sistem open source,mampu mengoperasikan fungsi-fungsi dasarnya dan fungsi sistem internalnya, melakukan pemrogaman terhadap open source dan terakhir meningkatkan fungsionalitas dari sistem dalam open source yang akan kita buat nantinya.

Kemudian setelah langkah-langkah dalam mengembangkan Open Acqusition, bahasan berikutnya adalah proses merancang atau mendesain Open Acqusition. Ada tiga proses yang dapat kita jadikan patokan dalam proses merancang Open Acqusition, yaitu :

Proses Deskriptif : Proses menggambarkan apa yang terjadi, oleh siapa, kapan, di mana, dll
Proses Proskriptif : Proses menggambarkan apa yang bisa dilakukan pada titik-titik tertentu atau sebagai respons terhadap beberapa kejadian atau kondisi
Proses Preskriptif : Proses menjelaskan bagaimana aplikasi kegiatan pembangunan yang harus dilakukan, yang mungkin didukung dengan beberapa cara atau memeriksa mekanisme yang sesuai dengan proses preskriptif.

setelah itu saya berikan contoh beberapa model dari Open Acqusition dan terakhir adalah kesimpulan mengenai kemudahan dan kesulitan dalam mengembangkan Open Acqusition sebagai berikut :

Kemudahan dalam mengembangkan Open Acqusition :
1. Dapat meningkatkan efisiensi operasional suatu sistem.
2. Dapat mengidentifikasi perbaikan aplikasi lebih lanjut.
3. Dapat membentuk portal komunitas web.

Kesulitan dalam mengembangkan Open Acqusition :
1. Membutuhkan keahlian khusus dalam bahasa pemrogaman seperti C, C++, Perl, Pyton dll.
2. Mampu meneliti dan mengidentifikasi kekurangan, tantangan dan peluang yang ada dalam proses pengembangan Open Acquisition.
3. Mampu membuat aplikasi yang dapat di akses segala komponennya melalui tampilan antarmuka oleh user/pengguna.

Akhirnya selesai juga saya mempresentasikan paper saya di depan. Tiba saatnya untuk sesi tanya jawab. Tidak saya duga ternyata yang bertanya hanya 3 orang saja. Mungkin teman-teman saya yang lain agak kesulitan dalam memahami materi paper yang saya presentasikan. Kejadiannya hampir sama dengan kondisi saya ketika pertama kali membaca dan mencoba mengerti apa maksud dari paper yang saya jadikan bahan tugas. Akan tetapi saya akhirnya paham tentang isi paper saya tersebut. Menurut saya Open Acqusition adalah sebuah aplikasi yang dapat mengelola dan mengefektifkan pengeluaran dan pendapatan dari sebuah perusahaan. Diharapkan dengan aplikasi tersebut keuntungan dari sebuah perusahaan bisa di maksimalkan untuk keberlangsungan hidup perusahaan tersebut ke depannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya. Sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...