Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Kamis, 14 Juli 2011

Mereka adalah Pahalaku


Seperti biasa, Setiap selesai melaksanakan ibadah sholat shubuh, saya selalu sempatkan untuk melihat dan mendengarkan ceramah di MNC TV yang dipandu oleh ustad Yusuf Mansyur dalam acara Indahnya Sedekah yang tayang setiap hari Selasa dan Rabu. Meskipun saya tidak mengikuti ceramah tersebut dari awal acara dimulai saya mencoba mengusahakan untuk melihat meskipun acara sudah berjalan sekitar seperempat menit. Ada sesuatu yang menarik perhatian saya ketika saya baru memindahkan channel remote televisi di tangan saya. Ternyata ustad Yusuf Mansur mengadakan kegiatan lelang. Eits, jangan berpikiran ustad Yusuf Mansur akan melelang barang-barang miliknya. Lelang yang dimaksud disini adalah lelang sedekah kita. Loh koq lelang sedekah ? Emang bisa ?...memang kedengarannya aneh ditelinga kita. Tapi lelang tersebut sangat bermanfaat sekali. Saya akan coba menjelaskan maksud lelang sedekah ini.


Seperti yang saya lihat di Indahnya Sedekah tadi pagi, ustad Yusuf Mansur sedang melakukan kegiatan lelang sedekah. Beliau mencoba mengajak para jamaah di masjid An-Nida tempat lokasi syuting ceramah tersebut. Beliau menjelaskan lelang sedekah adalah menukar harta atau kekayaan yang kita miliki dengan beberapa anak kecil yang nantinya akan dibiayai untuk menghafalkan surat-surat yang terkandung dalam Al-Quranul Karim. Wow ! Sungguh ide yang sangat cemerlang. Beliau mempunyai kolega yang akan mengurus dan mendidik calon anak-anak penghafal Al-Quran, yaitu di sebuah Darul di daerah Depok. Saya lupa apa nama Darul tersebut. Dan Darul tersebut sudah memiliki murid atau santri yang terbagi menurut tingkatan pendidikan. Perwakilan dari Darul tersebut menjelaskan ada 50 anak dari tingkat tk dan sd serta 50 remaja dari tingkat smp dan sma. Subhanallah ! Sungguh banyak orangtua yang berminat untuk menjadikan anaknya menjadi salah satu generasi penghafal Al-Quran.

Kembali ke lelang sedekah yang beliau adakan di acara Indahnya Sedekah. Selain menjelaskan keuntungan adanya lelang sedekah ini, beliau juga mendatangkan langsung dua anak laki-laki dan perempuan yang menurut saya sudah hampir 60% menghafalkan surat-surat di Al-Quran. Dua anak masih sangat kecil dan tingkat pendidikannya masih tingkat tk. Dan mereka disuruh oleh ustad Yusuf Mansur untuk membacakan salah satu surat di Al-Quran yaitu surat Ar-Rohman. Menurut pengetahuan yang saya ketahui bahwa surat Ar-Rohman, Al-Waqiaah, Yasin dan Al-Fatehah merupakan pondasi dari Al-Quran. Dan dua anak imut-imut tersebut membacakan surat Ar-Rohman dengan lancar menggunakan gaya pengucapan anak-anak, meskipun sempat berhenti sekali saja. Mungkin ada beberapa bagian yang terlupakan. Tapi hal tersebut tidak membuyarkan ingatan kuat dari kedua anak tersebut karena dua anak tersebut saling membantu jika salah satu dari mereka ada yang lupa bagian dari surat Ar-Rohman. Akhirnya mereka berhasil menghafalkan surat Ar-Rohman dengan begitu lancar dan cepat. Tepukan tangan dari para jamaah masjid An-Nida memberi selamat kepada kedua anak kecil tersebut karena berhasil menghafalkan surat tersebut. Allahuakbar !! memang hebat sekali kemampuan mereka berdua. Belum tentu juga saya dan orang dewasa lainnya sanggup menghafalkan surat tersebut dengan lancar. Padahal sebelum mereka dapat menghafalkan surat Ar-Rohman, mereka tidak bisa sama sekali membaca dan menulis. Mereka berdua belajar menghafal Al-Quran dari nol.

Setelah melihat perform dari kedua anak kecil tersebut, ustad Yusuf Mansur memberikan kesempatan untuk para jamaah yang berada disana untuk melelang harta kekayaan mereka untuk ditukar dengan beberapa anak calon penghafal Al-Quran. Ternyata banyak dari para jamaah yang ingin menyedekahkan hartanya demi membiayai anak-anak tersebut. ustad Yusuf Mansur juga menceritakan ada seseorang yang melelang sepeda motor sport seharga 200 juta untuk ditukar dengan 20 anak calon penghafal Al-Quran. Bahkan ada dari negara tetangga yaitu Brunei yang selalu menonton acara Indahnya Sedekah juga mau menukarkan hartanya untuk anak-anak tersebut. Sungguh mereka melakukan hal tersebut bukan untuk sekedar pamer melainkan untuk memetik manfaat dari bersedekah di jalan Allah SWT, yaitu pahala yang berlipat ganda. InsyaAllah jika saya kelak memiliki harta yang cukup, saya akan mencoba menyedekahkan harta saya dengan ditukar oleh beberapa anak-anak penghafal Al-Quran. Semoga mimpi saya bisa terwujud. Amin....

Apakah ada diantara pembaca yang ingin lelang sedekah ? Keputusan di tangan anda sendiri... :D

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...