Welcome in EronBudiman's Blog..enjoy read my blog...^^

Rabu, 07 Desember 2011

New experience

Wah lama tidak membuat artikel..maklum tugas sebagai seorang mahasiswa harus ditunaikan..sampai-sampai tidak update artikel baru lagi...hehehe...tidak masalah akhirnya saya dapat membuat artikel kembali...enjoy my story..check this out..

Sebuah sms..
Pada hari Jumat tanggal 25 November 2011, sekitar pukul 15:00 WIB saya menerima sms dari seorang dosen yang sebelumnya tidak saya kenal. kemudian beliau menjelaskan isi smsnya, saya baru tahu jika dosen tersebut ingin mengadakan POSDAYA(Pos Pemberdayaan Keluarga) tepatnya di kelurahan TunggulWulung. Eits..Sebelum saya melanjutkan ceritanya, saya akan menceritakan awal mula titik perkaranya. Saya sebelumnya telah tergabung dalam tim POSDAYA 2011 yang diketuai oleh Ibu Muniroh. Dalam tim tersebut terbagi atas 20 tim yang akan melakukan penelitian ke 20 kelurahan yang telah ditunjuk dan disepakati bersama antara pihak STIE Malangkucecwara dengan pihak Damandiri. Dan tepat pada tahun 2011 ini Ibu Muniroh selaku ketua tim POSDAYA mencoba mengajak dan mengikutsertakan mahasiswa dan mahasiswi dalam menjalankan program POSDAYA tersebut.


Perbincangan yang hangat..
Sebenarnya program POSDAYA telah berjalan pada awal bulan November. Akan tetapi acara yang sebenarnya baru terlaksana pada pertengahan bulan, dikarenakan para dosen-dosen harus melakukan hunting lapangan di tempat lokasi. Kembali topik cerita yang sebelumnya telah terputus. Setetelah saya baca dengan seksama, ternyata dosen tersebut ingin bertemu dengan saya di kediaman beliau untuk membicarakan kegiatan yang akan dilakukan ketika berada di lokasi POSDAYA. Sekitar pukul 16:00 WIB saya bergegas berangkat menuju rumah beliau. Sesampai disana saya telah ditunggu oleh beliau serta dengan mahasiswa yang akan membantu kegiatan POSDAYA tersebut. Nama mahasiswa tersebut adalah Felix, mahasiswa jurusan akutansi angkatan tahun 2011. beberapa menit kami semua berbincang membicarakan kegiatan yang akan dilakukan sebelum dan setelah dilokasi. Tidak hanya itu saja, saya dan Felix juga berbincang tentang masalah perkuliahan. Ternyata setelah beberapa menit kami berbicara saya baru tahu jika beliau adalah dosen akutansi. Tapi bukan fundamental akutansi, melainkan dosen Syariah Accounting. Wow ! Sepertinya menarik jika mengambil mata kuliah tersebut. Akan tetapi sayang matkul tersebut baru ada di semester 5...ya sabar aja..semoga nanti bertemu dengan beliau di kelas Syariah Accounting..:)

Take off (menuju lokasi)

Senin, tanggal 28 November 2011 kami berangkat dari kampus sekitar pukul 07.25...kelebihan 10 menit dari jadwal yang telah disepakati, yaitu 07:15. kemudian kami semua berangkat. Sebelum berangkat ke lokasi POSDAYA, tidak lupa kami mampir ke sebuah toko roti untuk mengambil roti pesanan kami yang akan diberikan kepada para hadirin. Perjalanan sekitar 20 menitan, dikarenakan kemacetan dijalan. Akhirnya kami tiba di di pos Paud di Kelurahan Tunggulwulung Kecamatan Blimbing.

Kesibukan sebelum acara
Setelah tiba di lokasi ternyata sudah banyak ibu-ibu yang sudah datang. saya dan tim segera membagi tugas. Tugas saya mendirikan Lcd untuk presentasi, 2 teman saya membagikan konsumsi berupa roti kepada para hadirin. Setelah semua roti sudah terbagi dengan rata, salah satu guru di Paud bertanya tentang minuman. Kami dalam setim baru ingat, ternyata kami lupa tidak membawa minuman dari kampus. Akhirnya kami terpaksa membeli minuman di daerah tersebut. Dan Alhamdulilahnya masih ada yang menjual minuman tersebut. Kami membeli 2 kardus air putih dalam gelas.

Acara pun dimulai

Acara dimulai dengan sambutan dari guru di Paud tersebut dan dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala sekolah Paud Sejahtera. Setelah sambutan dari kepala sekolah Paud, acara berikutnya adalah sambutan dari ketua Posdaya, Ibu Istutik dan terakhir pemateri sekaligus narasumber oleh Bapak Taufik.

Dalam kegiatan Posdaya tersebut beliau memberikan materi tentang pentingnya soft skill atau ATTITUDE dalam kehidupan sehari-hari. Selama pemberian materi oleh Bapak Taufik, para ibu-ibu terlihat sangat mencermati dan serius. Memang saya akui Bapak Taufik yang juga dosen saya pada semester 1 terbukti bisa memberikan materi yang mudah dipahami oleh orang lain. Sampai-sampai saya juga terhanyut oleh materi yang diberikan oleh Bapak Taufik..hehehee..lebay..

Sekitar 1,5 jam Bapak Taufik memberikan materi soft skill kepada ibu-ibu. Meskipun beliau begitu bersemangat memberikan materi kepada ibu-ibu, beliau tidak terganggu oleh keributan yang ditimbulkan oleh anak-anak Paud. Malahan ada yang melonjat dan merayap di depan Bapak Taufik. Tapi beliau tidak merasa terganggu oleh tingkah laku anak-anak tersebut. Justru beliau senang dengan anak-anak tersebut. Mungkin kalau saya yang jadi beliau, sudah hilang konsentrasi memberikan materi..hehehe..

setelah selesai memberikan semua materi beliau memberikan waktu untuk sesi tanya jawab. Ternyata banyak juga yang ingin bertanya kepada Bapak Taufik (mungkin karena di iming-imingi oleh hadiah mungkin koq banyak yang tanya..hehe :D).

Jam menunjukkan pukul 11:05, waktunya kami semua untuk bergegas pulang. Sebelum pulang kami harus membereskan peralatan kami dan membantu ibu-ibu guru Paud untuk menggulung tikar. Setelah semua beres kami pun berpamitan kepada ibu-ibu guru Paud Sejahtera disana dan kami pun pulang. Sesampainya di kampus saya langsung melanjutkan kewajiban saya, yaitu berkuliah...semoga cerita saya ini bermanfaat dan menginspirasi orang-orang yang membacanya...terima kasih...Wasalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...